Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang Berkontribusi Terhadap Interdialytic Weight Gain (IDWG) pada Pasien dengan Chronic Kidney Disease (CKD)


Interdialytic weight gain (IDWG) merupakan peningkatan berat badan sebagai akibat peningkatan cairan pada pasien hemodialisis, kenaikan IDWG normalnya tidak boleh lebih dari 5% .Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan IDWG baik internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berkontribusi terhadap IDWG pada pasien CKD.
Penelitian ini menggunakan metode literature review.Database pencarian artikel publikasi melalui google scholar, one search, science direct, willey, NCBI dan garuda.pencarian dan seleksi literature berdasarkan Preferred Reporting Item For Systematic Review & Meta-Analysis (PRISMA). Proses identifikasi literature menggunakan kata kunci yang relevan. Dari 6 artikel seluruhnya menggunakan metode kuantitatif, tahun publikasi artikel maksimal 10 tahun terakhir.
Hasil penelitian dari 6 literatur menunjukan bahwa faktor yang berhubungan dengan IDWG yaitu masukan cairan, rasa haus dan self efficacy.Adapun stress tidak berhubungan dengan IDWG. Saran bagi perawat untuk melakukan edukasi tentang cara mengontrol kenaikan IDWG seminimal mungkin terutama pada pasien yang baru menjalani hemodialisis.

Amanah Sholikhatun
Wayunah - Personal Name
Eka Juwita H - Personal Name
Amanah Sholikhatun - Personal Name
610.5 SHO f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...