Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Sikap Kerja Dan Beban Kerja Fisik Dengan Kelelahan Kerja


Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kelelahan tenaga kerja berhubungan dengan ergonomi, yaitu; sikap kerja, beban kerja yang berlebih, monotonnya pekerjaan, jam kerja yang tidak sesuai, pekerjaan yang berulang-ulang. Pengaruh-pengaruh tersebut berkumpul di dalam tubuh dan mengakibatkan kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sikap kerjadengan kelelahan kerja.
Penelitian ini menggunakan metode literature reviewdan artikel yang dipakai menggunakan pendekatancross sectional.Sumber literatureberasal dari Google Scholar, Portal Garuda,Indonesia OneSearch. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja perusahaan/industri dengan jumlah sampel minimal 30.
Hasil penelitian dari 10 literature ditemukan beberapa kondisi sikap kerja di perusahaan dan industri yaitu sikap kerja berdiri dengan cara membungkuk, sikap kerja duduk dalam waktu yang lama, sikap kerja berdiri secara terus menerus, ketiga sikap tersebut dapat menyebabkan terjadinya beban kerja fisik yang berlebihan dan akan menimbulkan risiko kelelahan kerja.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara sikap kerja dengan kelelahan kerja. Saran dari penelitian ini adalah untuk mengurangi kelelahan kerja dalam bekerja sebaiknya memodifikasi sikap kerja dan lebih diperhatikan waktu untuk pekerja istirahat agar tidak terjadi beban kerja fisik berlebih yang akan menyebabkan terjadinya kelelahan kerja.


Sumi Mayada
Muhamad Fauzi - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Sumi Mayada - Personal Name
610.5 MAY h
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...