Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Las


Kecelakaan kerja merupakan suatu kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak terduga semula yang dapat menimbulkan kerugian waktu, harta, benda atau properti maupun korban jiwa. Alat pelindung diri berfungsi untuk melindungi seluruh atau sebagian tubuh dari kemungkinan adanya pemaparan potensi bahaya lingkungan kerja terhadap kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan alat pelindung diri dengan kecelakaan kerja pada pekerja las. Jenis penelitian ini adalah studi literatur review dengan melakukan penelusuran artikel melalui mesin pencarian seperti google scholar dan Doaj.
Metode dalam penelitian ini menggunakan systematic review serta menggunakan teknik literatur review summarize. Teknik summarize atau meringkas merupakan teknik melakukan review dengan menulis kembali sumbernya dengan kalimat sendiri. Dari hasil pencarian didapatkan 1.960 artikel yang sesuai dengan kata kunci. Artikel yang sudah terkumpul selanjutnya dilakukan screening sesuai kriteria inklusi dan eksklusi sehingga sebanyak 1.960 artikel tidak diproses karena tidak relavan, sehingga hanya beberapa artikel yang terpilih. Total artikel ini sebanyak 5 artikel.
Hasil penelitian literatur review dari 5 artikel yang didapat menunjukan bahwa ada hubungan antara penggunaan alat pelindung diri (APD) dengan kecelakaan kerja pada pekerja las.
Simpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara penggunaan alat pelindung diri dengan kejadian kecelakaan pada pekerja las. Disarankan bagi pekerja untuk menggunakan alat pelindung diri untuk menghindari potensi bahaya di tempat kerja saat bekerja.

Yulinda Retno Pratiwi
Rudiansyah - Personal Name
Idham Latif - Personal Name
Yulinda Retno Pratiwi - Personal Name
610.5 PRA a
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...