Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Dan Pengawasan Dengan Kepatuhan Penggunaan APD Pada Pekerja Konstruksi Tahun 2020


Sektor konstruksi memiliki komplekstas tinggi dan melibatkan banyak unsur, menggunakan alat berat, bekerja diketinggian oleh karena itu sektor konstruksi memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Dalam upaya pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja setiap perusahaan perlu mengidentifikasi bahaya di tempat kerja atau biasa disebut dengan hirarki pengendalian. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan pengawasan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diripada pekerja konstruksi tahun 2020.
Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan pendekatan systematic review. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel dengan objek penelitian pekerja konstruksi.
Hasil penelitian ini terdapat sebagian besar artikel menyatakan ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan pengawasan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja konstruksi, hal tersebut dikarenakan pengetahuan dan sikap merupakan faktor yang mendasari terjadinya perilaku pada seseorang, dan pengawasan menjadi faktor yang memperkuat terbentuknya perilaku patuh dalam menggunakan alat pelindung diri pada pekerja konstruksi
Simpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan pengawasan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja konstruksi. Pihak perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan pengawasan dengan melakukan pelatihan dan manajemen yang baik.

Risni Putri Indriawati
Muhamad Fauzi - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Risni Putri Indriawati - Personal Name
610.5 IND h
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...