Detail Cantuman Kembali

XML

HUbungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja


Terjadinya kecelakaan kerja tentu saja menimbulkan masalah yang besar bagi kelangsungan perusahaan. Kerugian yang diderita tidak hanya berupa kerugian materi yang cukup besar namun lebih dari itu adalah timbulnya korban jiwa yang tidak sedikit jumlahnya Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) di perusahaan-perusahaan sangatlah penting untuk diterapkan, namun bagi karyawan pabrik kurangnya kesadaran dan minat dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sehingga banyak karyawan yang mengalami kecelakaan kerja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan terjadinya kecelakaan kerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian literatur (literature review) dengan systematic literature reviewdengan melakukan penelusuran artikel melalui search engine seperti google scholar. Kata kunci yang digunakan untuk mencari artikel meliputi pengetahuan, sikap dengan perilaku penceahan terjadinya kecelakaan kerja, dalam pemilihan artikel menggunakan Kriteria inklusi serta analisa jurnal.
Hasil penelitian Literature review dari 4 jurnal yang didapat, ada 3 jurnal yang menyatakan ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan terjadinya kecelakaan kerja.
Kesimpulan menyatakan adanya hubungan antara pengetahuan, sikap dengan perilaku pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Disarankan untuk diadakannya pelatihan secara berkala guna meningkatkan pengetahuan pekerja terkait pemahaman dan penerapan K3, serta peningkatan pengawasan terhadap pekerja dalam proses bekerja.

Anisa
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Rudiansyah - Personal Name
Anisa - Personal Name
610.5 ANI h
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...