Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Masa Kerja Dan Pengetahuan Dengan Kerja Pada Pekerja Industri


Menurut Data ILO tahun 2018, lebih dari 1,8 juta kematian akibat kerja terjadi setiap tahunnya dikawasan Asia dan Pasifik. Bahkan dua pertiga kematian akibat kerja di dunia terjadi di Asia, ditingkat global, lebih dari 2,78 juta orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Selain itu terdapat sekitar 374 juta cedera dan penyakit akibat kerja yang tidak fatal setiap tahunnya, yang banyak mengakibatkan absensi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara masa kerja, pengetahuan dan pelatihan K3 dengan kecelakaan kerja pada pekerja industri.
Jenis penelitian adalah literature review dengan metode sistematik review, kriteria inklusi yaitu artikel dengan rentan waktu 2009-2019, kata kunci kecelakaan kerja, masa kerja dan pengetahuan. Sumber pencarian artikel yaitu google scholar. Subyek penelitian yaitu pekerja produksi yang kecelakaan kerja. Jenis artikel yaitu original artikel penelitian dalam bentuk full text dengan metode cross sectional. Jenis jurnal yaitu jurnal terakreditasi dan tidak terakreditasi. Hasil analisa sintesis didapat 6 artikel dan menyebutkan bahwa ada hubungan antara masa kerja dan pengetahuan dengan kecelakaan kerja pada pekerja industry.
Hasil penelitian yang didapat yaitu ada hubungan antara masa kerja dan pengetahuan dengan kecelakaan kerja pada pekerja industri dilihat dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pekerja mengalami kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh faktor manusia.
Simpulan Faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja industri adalah faktor pengetahuan dan masa kerja yang merupakan faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja industri. Saran diharapkan perusahaan dapat menerapkan budaya kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dilingkungan perusahaan, salah satunya dengan diadakannya pelatihan K3 guna menambah pengetahuan kepada pekerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.


Uut Rochmana
Rudiansyah - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Uut Rochmana - Personal Name
610.5 ROC h
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...