Detail Cantuman Kembali

XML

HUbungan Anemia Dengan Kejadian Kelelahan Pada Pekerja Industri


Anemia menurut the global prevalence of anemia in 2011 pada laki-laki usia 15-59 tahun di negara maju yaitu 5% dan di negara berkembang yaitu 33%. Prevalensi anemia tertingi terdapat di asia yaitu 94,7%, afrika 92,0%, amerika 64,4 % dan eropa 10,9%, (WHO, 2015). Menurut data WHO methods and data sources for global burden estimates 2000-2015, prevalensi anemia yaitu sebanyak 37,8 (WHO,2017). Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui hubungan anemia dengan kejadian kelelahan pada pekerja.
Metode Jenis penelitian ini adalah literatur (literatur review), populasi dalam penelitian yang akan dimasukan dalam artikel yang terseleksi adalah pekerja industri dan pekerja di bidang kesehatan dan jumlah minimal sampelnya sebanyak 30 pekerja. Intrumen yang digunakan jurnal yang telah di teliti orang lain.
Hasil penelitiaan ini Terdapat hubungan anemia dengan kejadian kelelahan pada pekerja dilihat dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pekerja mengalami anemia mengakibatkan kelelahan.
Simpulan Dari 7 artikel yang didapat, teradapat 4 artikel yang menyebutkan bahwa Terdapat ada hubungan anemia dengan kejadian kelelahan pada pekerja. Dari 7 artikel yang didapat, teradapat 3 artikel yang menyebutkan bahwa Terdapat tidak ada hubungan anemia dengan kejadian kelelahan pada pekerja.
Saran meningkatkan produktivitas kerja dengan melakukan pemberian zat makanan tambahan atau vitamin, shift kerja yang baik dan dengan menkomsumsi gizi seimbang.


Andri Andreas
Muhamad Fauzi - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Andri Andreas - Personal Name
610.5 AND h
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...