Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Konstruksi Di PT. Y Tahun 2020


Sektor jasa konstruksi adalah salah satu sektor yang paling berisiko terhadap kecelakaan kerja, dalam pembangunan proyek konstruksi terdapat risiko yang besar, dimana dalam pembangunan proyek risiko terbesar masih diawal pembangunan proyek sampai mendekati akhir pembangunan proyek. PT. Y adalah perusahaan jasa konstruksi, dari data kecelakaan kerja dengan jumlah keseluruhan 90 yang mengalami kecelakaan kerja serta insiden paling tinggi yaitu dari tahun 2018 mengalami peningkatan terbesar ke tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian kecelakaan kerja pada pekerja konstruksi.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis data sekunder. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 laporan kecelakaan kerja, sampel dalam penelitian ini adalah total populasi kecelakaan kerja yang terjadi di lokasi kerja.
Hasil penelitian ini kecelakaan kerja pada tahun 2017 terdapat 4 kasus, tahun 2018 terdapat 16 kasus, dan tahun 2019 meningkat tajam menjadi 70 kasus. Menurut klasifikasi jenis kecelakaan kerja tertinggi yaitu tergores (22,2%), menurut klasifikasi sifat luka/kelainan tertinggi yaitu dan lain-lain (31,1%)
Simpulan di PT. Y ini, menunjukan bahwa meningkat selama tahun 2017-2019. Kecelakaan kerja menurut jenis kecelakaan tertinggi yaitu tergores, kemudian menurut sifat luka/kelainan paling banyak tidak menimbulkan cidera, yaitu dan lain-lain, untuk mengurangi kecelakaan di PT. Y dengan meningkatkan pengawasan, pengetahuan dan ketrampilan bagi tenaga kerja pada pekerja konstruksi.

Emi Rosanti
Heri Sugiarto - Personal Name
Muhamad Fauzi - Personal Name
Emi Rosanti - Personal Name
610.5 ROS g
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...