Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor Risiko Ergonomi Terjadinya Keluhan Musculoskeletal Pada Pekerja di Industri


Studi dari Departemen Kesehatan dalam profil masalah kesehatan di Indonesia menunjukan bahwa sekitar 40,5% penyakit yang diderita pekerja berhubungan dengan pekerjaan. Gangguan kesehatan yang dialami pekerja berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 9,482 pekerja di 12 kabupaten/kota di Indonesia menunjukan angka tertinggi yaitu gangguan muskuloskeletal (16%) disusul gangguan kardiovaskular (8%), gangguan saraf (5%), gangguan pernapasan (3%) serta gangguan THT (1,5%) (Sekaaram & Ani, 2017)
Metode penelitiian ini menggunakan Literatur Review atau tinjauan pustaka dengan pendektan Systematic Literature Review dengan melakukan penelusuran artikel melalui search engine seperti google scholar. Kata kunci yang digunakan dalam penelusuran artikel dalam penelitian risiko ergonomi, umur, jenis kelamin, MSDs, NBM. Dalam pemilihan artikel menggunakan kriteria inklusi serta analisa jurnal.
Hasil literature review tentang umur diperoleh 5 jurnal dimana 4 diantara jurnal tersebut memiliki hubungan dan 1 diantara jurnal tersebut tidak memiliki hubungan antara umur dengan keluhan musculoskeletal pada pekerja industri. Sedangkan hasil literature review tentang jenis kelamin diperoleh 5 jurnal dimana 2 diantara jurnal tersebut memiliki hubungan dan 3 diantara jurnal tersebut tidak memiliki hubungan antara jenis kelamin dengan keluhan musculoskeletal pada pekerja industri.
Kesimpulan menyatakan ada hubungan antara umur dengan keluhan musculoskeletal sedangkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan keluhan musculoskeletal. Disarankan
sebaiknya untuk pekerja perempuan dan usia >30 tahun dibedakan masa kerja dan waktu kerja karena kekuatan otot perempuan berbeda dengan kekuatan otot laki-laki serta motede kerja maupun rotasi kerja secara berkala sehingga keluhan otot skeletal dapat diminimalisir.

Toni Napoli Hardianto
Heri Sugiarto - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Toni Napoli Hardianto - Personal Name
610.5 HAR f
610.5
Text
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...