Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan remaja tentang bullying di SMK Negeri 1 losarang Tahun 2019


Bullying adalah segala bentuk penindasan baik dilakukan secara berulang-ulang secara fisik, verbal maupun psikologis yang bertujuan untuk intimidasi bullying merupakan prilaku agresif yang terjadi karena ketidakseimbangan kekuatan. Perilaku bullyingpenting diketahui remaja untuk mencegahterjadinya bullying. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan remaja tentang bullying di SMK Negeri 1 Losarang Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi penelitian ini adalah 1.042 siswa dan siswi kelas X dan XI SMK Negeri 1 Losarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional stratified random sampling sebanyak 289 responden.
Hasil penelitian mengenai pengetahuan remaja tentang bullying sebanyak 256 (88,6%)responden memiliki pengetahuan baik. Sebanyak 271 (93,8%) responden memliki pengetahuan yang baik tentang pengertian bullying.Sebanyak 274 (94,8%) responden memiliki pengetahuan yang baik tentang jenis-jenis bullying. Sebanyak 172 (59,5%) responden memiliki pengetahuan yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi bullying. Sebanyak 262 (90,7%) responden memiliki pengetahuan yang baik tentang dampak bullying
Kesimpulan penelitian ini pengetahuan remaja dikategorikan baik namun masih terdapat katogori kurang. Saran dari penelitian ini yaitu guru/instansi kesehatan untuk memberikan penyuluhan tentang perilaku bullying agar pengetahuan remaja tentang bullying meningkat.
Fahmi Ghina Nidaa
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Fahmi Ghina Nidaa - Personal Name
610.5 NID g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...