Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kiajaran Wetan


Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya makanan yang paling sempurna bagi bayi selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun. Faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif diantaranya yaitu pendidikan ibu, pengetahuan ibu, pekerjaan, dukungan suami, peran petugas kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi 06 bulan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 138 responden yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa variabel pendidikan menengah sebanyak 52.2%, pengetahuan baik sebanyak 69.6%. Variabel yang tidak berhubungan dengan pemberian ASI adalah pendidikan ibu dengan (p value 0.134), pengetahuan dengan (p value 0.235).
Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan melakukan analisis multivariate untuk melihat faktor yang lebih dominan. Saran untuk suami untuk memberi motivasi kepada istri dan untuk tenaga kesehatan untuk memberi penyuluhan kepada ibu untuk lebih meningkatkan pemberian ASI eksklusif.
Atika
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Atika - Personal Name
Wiwin Nur A’eni - Personal Name
610.5 ATI f
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...