Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pemenuhan kebutuhan dasar manusia oleh Care Giver pada anak berkebutuhan khusus di SLBN Pahlawan Indramayu Tahun 2019


Tumbuh kembang merupakan manifestasi yang kompleks dari perubahan morfologi, biokimia, dan fisiologi yang terjadi sejak konsepsi sampai maturasi/dewasa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan dasar manusia oleh care giver pada anak berkebutuhan khusus di SLBN Pahlawan Indramayu. Dalam tahap tumbuh kembang anak terdapat beberapa masalah yaitu keterlambatan perkembangan yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dasar manusia anak itu sendiri.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian care giver yang memiiki anak berkebutuhan khusus tuna grahita, tuna daksa dan tuna rungu. Populasi sebanyak 55 responden dengan teknik total populasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Analisa data menggunakan cut of point. Penyajian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 55 responen, 29 responden (52,7 %) dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia pada anak berkebutuhan khusus. Sebanyak 38 responden (69,10 %) terpenuhi berdasarkan kebutuhan fisiologis. 32 responden (58,18 %) terpenuhi berdasarkan kategori keselamatan dan keamanan. 28 responden (50,90 %) terpenuhi berdasarkan kebutuhan cinta dicintai. 29 responden (52,72 %) tidak terpenuhi berdasarkan kebutuhan haga diri. 33 responden (60,0 %) terpenuhi berdasarkan kebutuhan aktualisasi diri.
Simpulan dari penelitian ini bahwa pemenuhan kebutuhan dasar manusia oleh care giver pada anak berkebutuhan khusus dapat terpenuhi sebanyak 29 responden (52,7 %). Disarankan agar perawat maupun care giver mampu bekerjasama untuk melakukan penyuluhan kesehatan terkait pemenuhan kebutuhan dasar manusia pada anak berkebutuhan khusus. Serta care giver lebih diharapkan dapat memperhatiakan kembali kebutuhan dasar pada anak berkebutuhan khusus secara menyeluruh terutama pada kebutuhan harga diri.
Achep Wildan Sundana
Riyanto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Achep Wildan Sundana - Personal Name
610.5 SUN G
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...