Detail Cantuman Kembali

XML

Respon Perokok Terhadap Picture Health Warning Pada Kemasan Rokok Di Wilayah Kota Kabupaten Indramayu Tahun 2019


Tembakau merupakan suatu produk yang mengakibatkan lebih dari 7 juta kematian dan kerugian ekonomi sebesar 1,4 trilyun yang dihitung dari biaya perawatan dan hilangnya produktivitas dikarenakan kehilangan hari kerja. Data Survei Sosial Ekonomi Nasional Kabupaten Indramayu menunjukkan bahwa jumlah pengeluaran masyarakat untuk membeli rokok nyaris sama besarnya dengan besar pengeluaran untuk membeli padi-padian. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap rokok hampir menyamai kebutuhan makanan pokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon perokok terhadap Picture Health Warning pada kemasan rokok di wilayah Kota Kabupaten Indramayu tahun 2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan sebanyak 6 responden perokok dan 1 responden dari ketua organisasi ISTAR. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa perokok di Kota Kabupaten Indramayu menganggap penting adanya regulasi tersebut, perokok beranggapan bahwa gambar peringatan yang dianggap paling menyeramkan adalah gambar kanker paru-paru.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah regulasi terkait Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 109 tahun 2012 masih belum efektif dalam mempersuasi masyarakat khususnya perokok untuk merubah perilaku kebiasaan merokok.
Niesye Oktivioni Wibowo
Heri Sugiarto - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Niesye Oktivioni Wibowo - Personal Name
610.5 WIB R
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...