Detail Cantuman Kembali

XML

Beberapa Faktor Pola Asuh Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Lelea Tahun 2019


Stunting merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan tinggi pada orang lain pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor pola asuh yang berhubungan dengan stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Lelea tahun 2019.
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini 94 ibu balita dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan jumlah balita stunting mencapai 34 %. Hasil uji chi-square menunjukan ada hubungan yang signifikan antara Pemberian makan (P=0,001), Rangsangan Psikososial (P=0,001), Kebersihan Keluarga (P=0,001), Sanitasi Lingkungan Keluarga (P=0,007) dan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan (P=0,001) dengan kejadian stunting.
Simpulan dari penelitian ada hubungan yang signifikan antara beberapa faktor pola asuh dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Lelea tahun 2019.Diharapkan kepada ibu balita dapat memberikan pola asuh yang baik.
Doni Wirahadikusuma
Muhamad Fauzi - Personal Name
Idham Latif - Personal Name
Doni Wirahadikusuma - Personal Name
610.5 WIR b
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...