Detail Cantuman Kembali

XML

Sikap Ibu Hamil terhadap Konsumsi Tablet Fe di Wilayah kerja Puskesmas Patrol Tahun 2014


Anemia kehamilan disebut “potential danger to mother and child” (potensial membahayakan ibu dan anak), karena itulah anemia memerlukan perhatian serius dari semua pihak yang terkait dalam pelayanan kesehatan. Kasus anemia di Kabupaten Indramayu pada tahun 2013 yaitu sebanyak 6790 orang dari 49 Puskesmas. Puskesmas Patrol merupakan Puskesmas yang paling tinggi angka kejadian anemianya yaitu sebanyak 704 orang, cakupan pemberian zat besi di Kabupaten Indramyu tahun 2013 adalah 92,80%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ibu hamil terhadap konsumsi tablet fe di wilayah kerja Puskesmas Patrol Tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Patrol Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu Tahun 2014 sebanyak 878 orang dengan sampel yang digunakan adalah accidental sampling sebanyak 90 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu sikap ibu hamil terhadap konsumsi tablet Fe di Wilayah Kerja Puskesmas Patrol tahun 2014. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Partrol Kabupaten Indramayu yang dilaksanakan pada Bulan Juni Tahun 2014
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap ibu hamil terhadap konsumsi tablet fe yaitu sebanyak 75,6% mendukung dan 24,4% tidak mendukung. Sikap berdasarkan Komponen kognitif yaitu 78,9% mendukung dan 21,1% tidak mendukung. Sikap berdasarkan Komponen afektif yaitu 82,2% mendukung dan 17,8% tidak mendukung. Sikap berdasarkan komponen konatif yaitu 48,9% mendukung dan 51,1% tidak mendukung.
Sikap ibu hamil terhadap konsumsi tablet fe 75,6% mendukung. Sikap berdasarkan aspek kognitif 78,9 mendukung. Sikap berdasarkan aspek afektif 82,2 mendukung. Sikap berdasarkan aspek konatif 51,1% tidak mendukung. Saran untuk petugas kesehatan diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan konseling tentang tablet Fe pada saat pemberian tablet Fe sehingga diharapkan ibu termotivasi dan mempunyai kesadaran untuk meminum tablet Fe.
Tiara Yasinta
Mira Aryanti - Personal Name
H. retno Susanto - Personal Name
Tiara Yasinta - Personal Name
610.5 YAS s
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...