Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan antara Penggunaan Alat Pelindung Diri Masker dengan Tanda dan Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pecuk Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Kegiatan pengumpulan sampah merupakan kegiatan dari proses pengumpulan atau pengambilan dari berbagai sumbernya dan proses pengangkutannya ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Pecuk. Melihat tingginya risiko terhadap gangguan kesehatan pekerja di lingkungan TPA Sampah Pecuk, maka perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan terhadap kejadian penyakit atau traumatik akibat lingkungan kerja dan faktor manusianya, salah satu diantaranya adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) masker sebagai alat penutup muka yang melindungi bagian mulut dan hidung. Alat pelindung diri adalah suatu alat yang dipakai untuk melindungi diri atau tubuh terhadap bahaya-bahaya penyakit akibat kerja, dimana secara teknis dapat mengurangi tingkat keparahan dari penyakit akibat kerja yang terjadi. Berdasarkan data dari TPA sampah Pecuk pada tahun 2013, pekerja yang mengalami tanda dan gejala penyakit ISPA sebanyak 27 kasus.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan alat pelindung diri masker dengan Tanda dan Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).
Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Populasi sebanyak 11 orang dari sektor formal Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan 32 orang dari sektor non formal TPA Sampah Pecuk. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, uji hubungan antara variabel bebas (penggunaan APD Masker sekali pakai) dengan variabel terikat (tanda dan gejala penyakit ISPA) dilakukan dengan uji statistik chi-square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan APD masker dengan tanda dan gejala penyakit ISPA
Untuk menurunkan tanda dan gejala penyakit ISPA diharapkan lebih meningkatkan upaya kesehatan dengan memberikan masker kepada setiap pekerja dilakukan setiap 1 hari sekali, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan masker dan pelatihan tentang penggunaan APD Masker kepada seluruh komponen yang terkait dalam pelayanan kesehatan.

Uswatun Afifah
Muhamad Fauzi - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
Uswatun Afifah - Personal Name
610.5 AFI h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...