Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan gizi balita usia 0-5 Tahun Di Desa Dadap Lama Kec.Juntinyuat Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Peran orangtua sangatlah penting terutama bagi ibu yang selalu dekat dengan anaknya dan sebagai pendorong dalam perkembangan anak, orangtua dituntut memiliki pengetahuan yang cukup dalam memberikan perawatan serta memenuhi kebutuhan buah hatinya. Selain itu juga orang tua juga harus menerapkan pola asuh, asih, dan asah karena merupakan proses dalam memenuhi, mengawasi, dan mengontrol kebutuhan anak, termasuk asupan makanan yang sehat dan dikonsumsi yang mengandung gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran orang tua dalam pemenuhan kebutuhan gizi balita usia (0-5 tahun) di Desa Dadap Lama Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia 0-5 tahun di Desa Dadap Lama Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Tahun 2017.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dengan presentase tertinggi asah 64,8% responden dengan peran orang tua yang sesuai, asih 61,4% responden dengan peran orang tua yang sesuai, dan asuh 54,5% responden dengan peran orang tua yang sesuai.
Simpulan penelitian ini, di ketahui peran orang tua dalam menerapkan pola asah, asih, dan asuh, dengan kategori sesuai. Saran dari hasil penelitian diharapkan kepada pelayanan kesehatan untuk lebih meningkatkan promosi kesehatan tentang peranan orang tua dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak usia 0-5 thun dengan menerapkan pola asah, asih, dan asuh.
Suparta
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Suparta - Personal Name
610.5 SUP g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...