Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran lingkungan rumah balita penderita ISPA Di Wilayah Kerja puskesmas Lohbener


ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang berlangsung sampai 14 hari yang terjadi didalam organ mulai dari hidung sampai gelembung paru . Lingkungan fisik yang tidak sehat merupakan faktor resiko terhadap penularan penyakit terutama ISPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran lingkungan rumah balita penderita ISPA di wilayah kerja puskesmas lohbener.
Penelitian ini menggunakan deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh balita penderita ISPA di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener dengan teknik total populasi, sehingga didapatkan sampel 29 ibu yang memiliki balita penderita ISPA. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, teknik analisa data analisa univariat.
Hasil penelitian didapatkan bahwa lingkungan rumah balita penderita ispa terbanyak dalam kategori baik sebanyak 16 responden (59,3%), kepadatan hunian dalam kategori baik sebanyak 15 responden (55,6%), jenis lantai dalam kategori sudah diplester sebanyak 27 responden (100,0%), jenis dinding dalam kategori permanen/ semi permanen sebanyak 27 responden (100,0%), letak dapur dalam kategori baik sebanyak 18 responden (66,7%).
Simpulan dalam penelitian ini adalah lingkungan rumah balita penderita ISPA secara keseluruhan termasuk dalam kategori baiksebanyak 17 (63,0%). Saran dalam penelitian ini adalah perawat komunitas atau perawat puskesmas dapat memberikan pendidikan kesehatan tentang menjaga lingkungan rumah untuk menghidari terjadinya penyakit ISPA kepada Ibu dan Keluarga yang memiliki balita agar bisa menjaga lingkungan rumah.

Syifa Nafisatul Majidah
Riyanto - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Syifa Nafisatul Majidah - Personal Name
610.5 MAJ g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...